Cara Mencegah Kepikunan

Demensia atau yang populernya kita sebut pikun sangat identik dengan orang tua. Semakin tua umur seseorang maka percepatan kerusakan sel otak makin cepat sementara regenerasi sel melambat. Akibatnya Intelegensi dan kemampuan mengingat (kognitif) menurun.

Tetapi Pikun juga bisa menyerang kita-kita yang masih muda akibat dari kerusakan sel saraf otak. Untuk itulah saya tuliskan ini, cegahlah sedini mungkin pikun dengan cara menghindari faktor-faktor penyebabnya. Berikut ini merupakan beberapa tindakan preventif yang terbukti efektif mencegah pikun...

  • Diet dengan membatasi kaolri serta lemak. Makanan yang kaya akan asam lemak Omega 3 (DHA) seperti yang terkandung dalam ikan tuna dan kacang kedelai dapat mengurangi penurunan kemampuan mengingat pada orang tua.
  • Nutrisi tertentu dapat menjaga kesehatan otak. Vitamin B komplek (terutama B12 dan Asam Folat) sangat dibutuhkan untuk memelihara kesehatan sel saraf. Vitamin A, C, dan E berfungsi sebagai anti oksidan untuk mencegah kerusakan sel-sel otak akibat radikal bebas. Lechitin sangat dibutuhkan sebagai komponen pembentukan sel saraf. Fe (besi) untuk mencegah anemia/kurang darah.
  • Latihan Otak seperti berdiskusi, mengisi teka-teki, main catur, mendengarkan musik, mendengar berita radio/televisi akan memberikan stimulasi pada aspek kognitif. Karena itu penting bagi orang-orang tua untuk tetap bersosialisasi dan melakukan aktivitas-aktivitas yang mengasah kemampuan berpikir.
  • Meditasi telah berhasil menurunkan tingkat luka saraf dan kematian sel, menurunkan Lipid Peroksida dan meningkatkan hormon Dehidroepiandrosteron yang sangat dibutuhkan untuk optimalisasi fungsi otak. Berdzikir merupakan contoh kegiatan yang memberikan efek menyerupai meditasi.
  • Olahraga dapat memperbaiki fungsi kognitif dan menahan laju demensia/pikun karena dapat memperbaiki aliran darah ke otak yang memasok nutrisi dan oksigen untuk kesehatan dan regenerasi sel saraf otak.
Semoga bermanfaat, beri komentar anda....


Artikel ini ditulis oleh Herman Sugiantoro dan pertama kali dipublikasikan pada tanggal 28 April 2008.

0 Response to "Cara Mencegah Kepikunan"